Jumat, 04 Maret 2011

BIOGRAFI ISSAC NEWTON


ISSAC NEWTON
            Issac newton (1642-1727) adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiwan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Ia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik.newton mengawali studinya dalam bidng matematika,astronomi dan optic.Pada tahun 1669 Ia di angkat menjadi professor matematika di Cambridge dan memegang jabatan tersebut selama 34 tahun.
            Dalam bidang matematika pula, bersama dengan karya Gottfried Leibniz yang dilakukan secara terpisah, Newton mengembangkan kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Ia juga berhasil menjabarkan teori binomial, mengembangkan "metode Newton" untuk melakukan pendekatan terhadap nilai nol suatu fungsi, dan berkontribusi terhadap kajian deret pangkat.
            Newton menyusn strategi metodologis yang di upayakan untuk tetap dapat di gunakan hingga ke tingkat observasi tanpa melampaui apa yang dapat di dukung secara langsung oleh strategi tersebut.dalam salah satu karyanya  Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad. Newton berhasil menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda luar angkasa lainnya diatur oleh sekumpulan hukum-hukum alam yang sama. Ia membuktikannya dengan menunjukkan konsistensi antara hukum gerak planet Kepler dengan teori gravitasinya.
            Sebagai ahli fisika,Newton menggunakan instrument matematisnya untuk meneliti cahaya,pada than 1666,dengan melihat cahaya yang di proyeksikan melalui sebuah prisma ia menemukan bahwa cahaya putih pada dasarnya adalah kumpulan spectrum warna.Pandangan pandangan tentang mekanika dunia dinyatakan dalam tiga hokum gerakan,antara lain
1.      Setiap objek tetap dalam kondisi diam atau gerakan stabil kecuali di gerakan oleh kekuatan eksternal.
2.      Perubahan gerakan bersifat proporsional dengan kekuatan dorongan eksternal dan terjadi secara garis lurus dengan dorongan kekuatan tersebut.
3.      Setiap aksi menghasilkan reaksi yang sama dan berlawanan.
Konseptualisasi mekanis alam semesta dari newton mewujud dalam kesimpulan revolusioner determinisme sempurna.Ia memberikan bukti bukti dan menciptakan berbagai formulasi yang menjelaskan cirri kateraturan benda.Konservasi benda membantuk basis penyelidikan tentang hubungan Massa dan robot,yang akhirnya memicu terciptanya teori molecular dan studi tentang transformasi kekuatan.
Metode newton yang di dasarkan dengan kuat pada observasi mewujd dalam tiga hokum penalaran untuk menntun penyelidikan empiris berikut.
1.      Penjelasan kausal atas berbagai peristiwa yang di amati terbatas pada peristiwa peristiwa yang di amati dan tidak lebih dari itu.
2.      Sebab yang sama bertanggung jawab terhadap observasi yang sama.
3.      Logika yang menuntn penyelidikan empiris bersifat induktif,menghasilkan penjelasan yang dapat di terima hingga observasi baru menghendaki perubahan penjelasan,atau hipotesis baru.
Sejalan dengan itu newton mendukung kesetiaan mendalam pada obervasi dan induksi yang cermat.dan harus menghindari generalisasi yang sembrono,tahap pertama penyelidikan ilmiah adalah skeptisme,dan tahap tahap selanjutnya di tuntun oleh observasi.


0 komentar:

Poskan Komentar