Jumat, 04 Maret 2011

CONTOH MAKALAH OBSERVASI

BAB I
Pendahuluan

I.1 Latar Belakang Masalah
Cakupan bahasan kita tentang perkembangan kognitif pada masa anak-anak berfokus pada tahap pemikiran pra operasional Piaget,pemrosesan informasi,dan teori perkembangan Vygotsky .
Perilaku anak dalam tahapan pra operasional sendiri belum belum dapat di pahami apabila kami belum melakukan observasi secara mendalam terhadap subyek tsb.kami berharap setelah melakukan obaservasi ini,kami dapat mengetahui secara spesifik tentang perkembangan anak secara lebih detail.
I.2 Tujuan Obeservasi
Untuk melakukan penelitian mengenai proses kognitif anak dalam tahapan Pra operasional yang dikemkakan oleh Teori Piaget dan Vygotsky
I.3 Manfaat Observasi
I.3.1 Manfaat Teoritis
 Dapat mengetahui waktu yang cenderung menimbulnya perilaku anak yang memiliki hubungan dengan teori perkembangan kognitif dan bahasa.
 Sebagai sumbangan dalam memahami dan mengembangkan teori mengenai perkembangan kognitif dan bahasa pada anak sehingga dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya.
 Untuk menambah informasi dalam dunia Psikologi khususnya pada peminatan Psikologi perkembangan.
I.3.2 Manfaat Praktis
 Sebagai sarana latihan dan pengembangan kompetensi bagi observer untuk menambah wawasan pengetahuan dan kemampuannya terkait dengan bidang keilmuan yang sedang dipelajari.
I.4 Target Behaviour :
Perkembangan kognitif dan bahasa yang dimiliki anak usia 2 tahun 9 bulan.
I.5 Judul pengamatan (observasi) :
Perkembangan Kognitif Anak Pada Tahap Pra Operasional Beserta Perkembangan Bahasanya


BAB II
Panduan Observasi


II.1 Landasan Teori
Tahap pra operasional Piaget :Dunia kognitif anak-anak pra sekolah ialah kreatif,bebas dan penuh imajinasi.Imajinasi anak anak prasekolah terus bekerja dan daya serap mental mereka tentang dunia semakin meningkat.Selama tahap perkembangan sensorimotorik Piaget,bayi mengembangkan kemampuan mengorganisasikan dan mengkoordinasikan sensasi dan persepsi dengan gerakan-gerakan dan tindakan tindakan fisik.Dan pada tahapan praoperasional inilah konsep yang stabil dibentuk,penalaran mental muncul,egosentrisme mulai kuat dan kemudian lemah,serta keyakinan terhadap hal yang magis terbentuk.Pemikiran praoperasional tidak lain dari masa tunggu yang longgar bagi pemikiran operasional konkret,walaupun label praoperasional menekankan bahwa anak pada tahap ini belum berpikir secara operasional.Pemikiran pada tahap praoperasional kacau dan tidak terorganisir
Subtahap fungsi simbolis ialah subtahap pertama pemikiran pra operasional yang terjadi kira-kira antara usia 2 – 4 tahun. Pada subtahap ini anak mengembangkan kemampuan untuk membayangkan secara mental objek yang tidak ada.
Egosentrisme adalah suatu ciri pemikiran praoperasional yang menonjol. Egosentrisme ialah suatu ketidak mampuan untuk membedakan antara perspektif seseorang dengan perspektif orang lain.
Animisme merupakan bentuk lain pemikiran praoperasional, ialah keyakinan bahwa objek yang tdak bergerak memiliki kualitas semacam kehidupan dan dapat berpindah selayaknya makhluk hidup.


Perkembangan bahasa Vigotsky
Zona Perkembangan Proximal ialah istilah vygotsky untuk tugas-tugas yang terlalu sulit untuk dikuasai sendiri oleh anak-anak, tetapi yang dapat dikuasai dengan bimbingan dan bantuan dari orang-orang dewasa atau anak-anak yang lebih terampil. ZPD dikonseptualisasikan sebagai suatu ukuran potensi pembelajaran. ZPD menekankan bahwa pembelajaran adalah suatu peristiwa sosial yang bersifat dua pikiran, yang satu dari pemikran anaknya, yang satu dari pengajaran.


II.2 Metodologi Observasi
Observer menggunakan metode interval recording atau biasa disebut sebagai time-sampling, interval sampling, atau interval time sampling. Metode pencatatan disini difokuskan pada aspek tertentu dari perilaku yang muncul pada interval waktu yang telah ditetapkan. Dalam mengamati sample behavior dibandingkan mengamati seluruh perilaku yang muncul. Digunakan untuk membandingkan atau mengamati kemunculan perilaku tertentu dalam beberapa interval.
a) Number of times observation : 2 kali
b) Length of observation period : 30 menit
c) The time periods during which observation will conducted : Pada satu kali observasi selama 30menit, saya membaginya menjadi 6 interval
d) The type of interval recording to be used : Menggunakan partial – interval time sampling. Dimana perilaku dihitung atau diskor berkenaan dengan berapa lama perilaku tersebut bertahan atau seberapa banyak perilaku itu muncul dalam interval yang ada. Hal ini digunakan untuk melihat konsistensi perilaku.
e) The length of the observation interval : 6 interval di bagi dari setiap interval terdiri dari 5 menit
f) The length of the recording interval : kami mengambil 5 menit dalam setiap jeda interval untuk melakukan pencatatan
g) Method of recording data :
Menggunakan tanda X untuk menandakan munculnya perilaku dalam interval.Menggunakan tanda O untuk menandakan tidak munculnya perilaku dalam interval





II.3 Observer :

Nama : Hemasycha Mahabella
Jenis kelamin : Perempuan
Usia : 20 tahun
Pekerjaan : Mahasiswa Fakultas Psikologi UNAIR
NIM :110810267

Nama : Auliaillah Ilmi R
Jenis kelamin : Laki - laki
Usia : 19 tahun
Pekerjaan : Mahasiswa Fakultas Psikologi UNAIR
NIM :110810268

II.4 Subjek Observasi :
Nama : Fathan Atilla W
Jenis kelamin : Laki-laki
Usia : 2 Tahun 9 Bulan

II.5 Tempat Observasi :
Rumah subyek

II.6 Waktu Pelaksanaan Observasi :
Minggu 6 Juni 2010 :09.00-09.30
Minggu 6 Juni 2010 :15.00-15.30

II.7 Definisi Operasional :
Perilaku anak dalam usia 2 tahun memiliki perilaku sehari-hari yang meliputi berlari-lari, membaca buku cerita yang bergambar, berteriak, menangis, menggambar, bermain. Dalam bahasa anak dalam dua tahun bisa mengucapkan saat di latih oleh para orang tua maupun guru.




II.8 Indikator Perilaku :
1. Berlari-lari :
2. Membaca Buku cerita Bergambar :
3. Menyuruh orang lain :
4. Berteriak :
5. Menangis:
6. Bermain leggo/puzzle :
7. Menggambar :
8. Bermain game lewat komputer :
9. Memukul :
10. Mengoceh/berbicara sesuatu:
11. Menanyakan sesuatu
12. Menoleh saat dipanggil



OBSERVASI I : 09.00-09.30
 
 

BAB III
Hasil Pencatatan Observasi



Observer          : Hemasycha Mahabella
Subyek                        : Fathan Atilla W.
Pukul               : 09.00-09.30
Tempat                        : Rumah Subyek

NO
INDIKATOR PERILAKU
INTERVAL SELAMA 30 MENIT


5’
10’
15’
20’
25’
30’
1.
Berlari –lari &melompat-lompat
X
X
O
X
X
X
2.
Membaca buku cerita bergambar
X
O
X
X
O
X
3.
Menyuruh orang lain
O
O
X
O
O
O
4.
Berteriak
X
X
O
X
X
X
5.
Menangis
X
X
X
O
X
X
6.
BermaiN Leggo/Puzzle
X
X
X
X
X
O
7.
Menggambar
X
X
X
O
X
X
8.
Bermain Game di Komputer
O
X
O
X
X
X
9.
Memukul
X
X
X
O
X
O
10.
Mengoceh/bercerita tentang sesuatu
O
O
X
O
O
X
11.
Menanyakan sesuatu
X
O
X
O
O
X













OBSERVASI II :15.00-15.30
 
Observer          : Hemasycha Mahabella
Subyek                        : Fathan Atilla W.
Pukul               : 15.00-15.30
Tempat                        : Rumah Subyek

NO
INDIKATOR PERILAKU
INTERVAL SELAMA 30 MENIT


5’
10’
15’
20’
25’
30’
1.
Berlari –lari &melompat-lompat
O
X
X
O
X
X
2.
Membaca buku cerita bergambar
X
X
X
X
X
O
3.
Menyuruh orang lain
X
O
O
O
X
O
4.
Berteriak
O
X
X
X
X
X
5.
Menangis
O
X
X
X
X
X
6.
BermaiN Leggo/Puzzle
X
X
O
X
X
X
7.
Menggambar
X
X
O
X
X
X
8.
Bermain Game di Komputer
X
X
X
O
O
X
9.
Memukul
O
X
X
X
X
X
10.
Mengoceh/bercerita tentang sesuatu
X
O
O
O
O
O
11.
Menanyakan sesuatu
X
O
O
X
O
O


















OBSERVASI I : 09.00-09.30

 
 

Observer          : Auliaillah Ilmi R
Subyek                        : Fathan Atilla W.
Pukul               : 09.00-09.30
Tempat                        : Rumah Subyek

NO
INDIKATOR PERILAKU
INTERVAL SELAMA 30 MENIT


5’
10’
15’
20’
25’
30’
1.
Berlari –lari &melompat-lompat
X
X
O
X
X
X
2.
Membaca buku cerita bergambar
X
O
X
X
O
X
3.
Menyuruh orang lain
O
O
X
O
O
O
4.
Berteriak
X
O
O
X
X
X
5.
Menangis
X
X
X
O
X
X
6.
BermaiN Leggo/Puzzle
X
X
X
X
X
O
7.
Menggambar
X
X
X
O
X
X
8.
Bermain Game di Komputer
O
X
O
X
X
X
9.
Memukul
X
X
X
O
X
O
10.
Mengoceh/bercerita tentang sesuatu
O
O
O
O
O
X
11.
Menanyakan sesuatu
O
O
O
O
O
X



















OBSERVASI II :15.00-15.30
 
Observer          : Auliaillah Ilmi R
Subyek                        : Fathan Atilla W.
Pukul               : 15.00-15.30
Tempat                        : Rumah Subyek

NO
INDIKATOR PERILAKU
INTERVAL SELAMA 30 MENIT


5’
10’
15’
20’
25’
30’
1.
Berlari –lari &melompat-lompat
O
X
X
O
X
X
2.
Membaca buku cerita bergambar
X
X
X
X
X
O
3.
Menyuruh orang lain
X
X
O
O
X
O
4.
Berteriak
O
O
X
X
X
X
5.
Menangis
O
X
X
X
X
X
6.
BermaiN Leggo/Puzzle
X
X
O
X
X
X
7.
Menggambar
X
X
O
X
X
X
8.
Bermain Game di Komputer
X
X
X
O
O
X
9.
Memukul
O
X
X
O
O
O
10.
Mengoceh/bercerita tentang sesuatu
O
O
O
O
O
O
11.
Menanyakan sesuatu
X
O
O
X
O
O


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Setelah selesai dibuat intervalnya . Bagaimana kak membuat kesimpulan atau hasil analisi datanya

Posting Komentar